Ngakalin Modem Eksternal Pake Gunting Kuku Biar Gak Cepet Panas

Buat anak kuliahan akses internet emang penting. Selain buat cari referensi dan ngirim tugas ke dosen, juga buat sarana silaturahmi. Apalagi social network sekarang lagi rame-ramenya, mayoritas anak muda pasti pada pake.

Buat anak kos yang punya laptop atau yang punya akses bebas ke lab kom kampus, akses kamputer bukan lagi hal susah. Umumnya kampus nyediain sarana wireless menggunakan hotspot. Tapi yang nasibnya lebih sial itu adalah hal yang susah, ujung-ujung kewarnet yang jelas boros.

Kalo gak punya laptop tapi punya PC mending beli modem eksternal ja. Yang punya laptop dan males nongkrong di kampus terus juga bisa pake solusi ini. Lebih hemat dan praktis.

Masalahnya modem eksternal gak bisa dipake lama-lama. Aktifitas download dan upload yang kita lakukan menyebabkan suhu modem eksternal meningkat. Pada batas temperatur tertentu akan membuat kemampuan modem kita menurun dan menyebabkan kerusakan bertahap. Akhirnya durasi pemakaian modem tidak bisa lama-lama harus ada jeda sekitar 10 menit agar suhu modem normal kembali.

Berangkat dari pengalaman peribadi, beberapa eksperimen dan pikiran gila akhirnya gue dapet solusi sederhana yang sangat ampuh mengurangi panas pada modem.

Aku coba mengakalinya dari segi hardwarenya, karna lebih mudah dari pada harus mengulik settingan softwarenya. Ide gue cuma dari hukum fisika, bahwa panas adalah energi kalor dan kalor akan mengalir dari suhu tinggi ke suhu rendah. Modem eksternal gue suhunya dah panas banget jadi gue nyari benda dingin buat nyerep panas dari modem gue. Gue pun meraba setiap benda yang gue liat, gue cari yang paling dingin.

Ada buku, ram gak kepake, botol minyak wangi, hp, flash-disk, dan sendok. Menurut tangan gue sendok yang paling dingin, gue pun ngambil sendok dan gue taro diatas modem. Tapi langsung jatoh karena gak seimbang. Gue pun coba atur posisinya tapi tetep ja gak seimbang. Akhirnya gue nyerah, kesimpulannya barang yang melengkung dan lebih panjang dari modemlebih tidak bisa seimbang dan akan jatoh.

Gue pun teringat gunting kuku gue yg baru jumat kemaren gue beli. Setelah dicari akhirnya ketemu dan pas gue sentuh seperti dugaan gue, lebih dingin dari sendok. Gue coba taro di atas modem dan ternyata gak jatoh.

Awalnya gue gak yakin apakah cara ini efektif. Gue terusin surfing dan gunting kuku masih terbaring diatas modem. Beberapa lama kemudian gue cek dan tenyata gunting kukunya panas banget, akhirnya gue pun yakin cara sederhana ini sangat ampuh.

Setelah kejadian itu, panas berlebihan bukan masalah lagi bagi gue. Walaupun tidak bisa mendinginkan modem dengan sempuna, tapi setidaknya memperpanjang durasi pemakaian modem. Lo bisa coba cara sederhana ini ke modem eksternal lo. Bagi yang permukaan modemnya agak melengkung penempatan posisi gunting kuku agak lebih sulit.

Lo bisa bereksperimen sendiri dan cari cara lain yang lebih ampuh, atau nisa juga dikombinasikan dengan cara ini. Kalo dah ketemu bisa sharing ma kita-kita, pengguna modem eksternal.

oleh Husein Adi Purwo pada 08 Oktober 2010 jam 22:55

4 thoughts on “Ngakalin Modem Eksternal Pake Gunting Kuku Biar Gak Cepet Panas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s