TROUBLESHOOTING PADA KEYBOARD dan MOUSE

TROUBLESHOOTING PADA KEYBOARD 

Keyboard merupakan perangkat keras yang sangat penting, walaupun harga keyboard lebih murah dari perangkat yang lain, tetapi bayangkan bila sebuah komputer tanpa “keyboard”, maka komputer tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Jika troubleshooting pada keyboard muncul, maka anda tidak dapat bekerja sama sekali, berikut adalah gejala awal atau troubleshooting keyboard yang biasa muncul.

“Solusi troubleshooting pada keyboard”

Gejala tampilan keyboard yang error biasanya ditandai dengan komputer yang hanya muncul tampilan, tetapi tidak dapat melanjutkan keproses selanjutnya, biasanya dilayar monitor akan muncul pesan “Keyboard error, Checksum cmos failure…, press F1 to continue and Del to enter set up”. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keyboard menjadi error dapat dilihat sebagai berikut :

• Jika anda mencolokan konektor keyboard ketika komputer sedang hidup kemungkinan sistem komputer tidak mengenali perangkat keyboard tersebut, solusinya matikan komputer dan colokan kembali keyboard dengan benar ketika komputer sedang tidak aktif. permasalahan ini biasa muncul pada keybord type PS/2.

• Bila cara diatas belum terselesaikan, lanjutkan dengan memeriksa status driver keyboard. Dengan cara buka menu “Start menu | control panel | pilih keyboard | klik tab hardware | pilih properties”. Pada tab General, lihat apakah ada masalah terdeteksi. Jika tidak, buka tab driver dan klik tombol “Update Driver”.

• Kalau memang keyboard anda sehat, seharusnya kedua langkah tersebut dapat menyelesaikan masalah pada keyboard, jika belum lepaskan keyboard dari port komputer dan colokan keyboard tersebut ke komputer lain, kalau keyboard tersebut menampilkan troubleshooting yang sama dikomputer lain ada kemungkinan keyboard tersebut rusak, bila keyboard anda normal ketika dicolokan ke komputer lain, berarti permasalahn terletak pada port input output motherboard. Solusinya adalah sebagai berikut.

• Konektor keyboard yang renggang dapat menyebabkan munculnya tampilan pesan error seperti yang disebutkan diatas. cara sementara untuk mengatasinya ganjal konektor yang renggang tersebut dengan kertas, solusi ini cukup untuk keadaan darurat, cara lain yaitu beri tambahan port keyboard PS2 to usb, karena konektor yang renggang bisa terjadi pada port input output pada motherboard bukan pada keyboard, sekarang hubungkan keyboard ke port usb.
• Perhatikan soket atau port keyboard yang error tersebut, biasanya pangkal konektor ke mainboard putus atau patah. Solusinya, belilah konektor keyboard PS2 to usb, sehingga lebih praktis dan hemat daripada harus servis mainboard anda.

• Bila masalah keyboard hanya terdapat dibeberapa tombol, coba update driver tersebut seperti langkah yang telah disebutkan diatas atau debu dan kotoran bisa juga menyebabkan keyboard menjadi error. Solusinya, bersihkan konektor pada keyboard dan konektor pada mainboard menggunakan sikat gigi yang kering.

• Mungkin anda mengatasi masalah yang lain, misalnya menekan tombol pada keyboard tidak cocok dengan karakter yang ditampilkan pada komputer. Jika demikian, sistem komputer mungkin menggunakan pengaturan bahasa yang salah. Untuk memperbaiki masalah ini, buka “Start menu | control panel | pilih regional and language options”. pada tab kotak dialog options pastikan bahasa yang benar dan negara atau wilayah yang dipilih. Klik apply setelah melakukan perubahan.
• Untuk error tombol windows atau tombol shift tidak bekerja, periksa apakah fitur “sticky keys” diaktifkan!, jika ya, cukup tekan tombol Shift lima kali berturut-turut, maka fitur “sticky keys” akan dinonaktifkan sehingga keyboard dapat bekerja dengan normal.
Sebenarnya masih banyak troubleshooting pada keyboard, namun hal diataslah yang sering dijumpai. Bersabarlah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, sebab dalam dunia komputer “yang terlihat error, belum tentu error tersebut terjadi pada satu hal”, maksud Optimasi Komputer disini adalah “banyak kemungkinan yang menyebabkan error” termasuk “HUMAN ERROR” itu sendiri. Semoga bermanfaat.

a.Tampilan Keyboard Error

Penyebab 1

Connector keyboard renggang dapat meyebabkan bahwa pesan yang tampil dilayar keyboard error .jika keyboard atau connector digoyang, maka kondisi pc dapat kembali normal, tetapi ini tidak akan bertahan lama.

Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan mengganjal connector keyboard dengan kertas jika ini dianggap sangat mendesak dan anda tidak punya dana untuk membeli keyboard baru. Atau dapat mengganti connector keyboard yang baru.

Penyebab 2

Kemungkinan juga terdapat pada kabel data keyboard tersebut putus. Biasanya putus pada pangkal connector jantannya, jika sudah begini keyboard tidak akan jalan sama sekali.

Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan mengukur kabel data keyboard tersebut dengan AVO meter. Jika ditemukan bahwa kabel data tersebut ada yang putus, maka ganti dengan kabel lain. Tetapi jika tidak, berarti kemungkinan ada pada yang lain (socket kotor misalnya).
Penyebab 3

Ic controller keyboard yang terdapat dalam keyboard berfungsi untuk mencovert bahasa / code digit menjadi ASCI yang akan di informasikan ke pada motherboard, sesuai dengan tombol yang ditekan. Jika IC ini rusak, maka keyboard tidak akan jalan sama sekali.

Solusi
Jika menggunakan keyboard yang terbaru, untuk mengganti IC tersebut tidak mungkin, karena harganya lebih mahal disbanding keyboard baru. Jadi solusinya adalah mengganti keyboard dengan keyboard baru.

Penyebab 4

Putusnya sekring pada motherboard yang terletak dengan connector keyboar yang bertuliskan F1 atau FS1 atau L1.

Solusi
Anda harus mengganti sekring dengan sekring yang lain dan ukuran harus sama.

b.Beberapa tombol keyboard tidak berfungsi

Penyebab 1

Kemungkinan kerusakan keyboard tersebut disebabkan oleh debu yang menempel pada jalur penekanan karakter. Hal inilah yang dapat menyebabkan tombol keyboard tersebut tidak berfungsi

Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan membuka semua baut pengunci yang terdapat di bawah papan bidai, dan pastikan tidak ada yang tertinggal maupun hilang didalam papan bidai ini (keyboard), jalur penekanan karakter tersebut terbuat dari lembaran tipis yang diberi jalur PCB, maka bersihkan PCB tersebut dengan alcohol agar tidak bersentuhan antara PCB atas dan bawah. Dan pasang seperti semula.

Penyebab 2

Kemungkinan lain adalah jalur penghubung antara tombol satu ke tombol yang lain ada yang terputus atau socketnya ada yang longgar. Jika hal ini kemungkinan besar anda berfikir keyboard tidak dapat dipakai lagi.

Solusi
Solusinya adalah mengukur terlebih dahulu jalur PCB pada tombol yang tidak jalan dengan menggunakan avo meter dan temukan dimana yang putus. Untuk menghubungkan jalur tersebut, gunakan tinta emas atau lainnya yang bersifat logam. Oleskan pada jalur yang putus hingga dapat terhubung kembali.

c.Ketikan rangkap

Mungkin anda pernah merasa bahwa keyboard yang digunakan terlalu peka merespon penekanan tombol sehingga saat tombol yang ditekan menghasilkan cetakan berulang(rangkap).misal,pada saat anda mengetik  tombol “E” dengan sekali sentuh ternyata yang terketik adalah “EE” atau bahkan “EEE”.kejadian seperti ini,kita harus sering menggunakan tombol backspace untuk menghapus kelebihan huruf yang tidak semestinya sehingga mengganggu pengetikan.

kejadian ini timbul karena keyboard sudah kotoratau lemah disetiap tombol-tombolnya.maka saat tombol ditekan ,tombol tidak segera kembali ke posisi semula.akibatnya penekanan tombol ini akan terbaca sebagai penekan tombol beberapa kali.apabila permasalahannya  karna kotor,bisa mencoba untuk membersihkan bagian dalam keyboard tersebut dengan kuas ,pembersih debu.Namun jika masalahnya adalah lemahnya tombol, bisa mengganti tombol yang lemah tersebut.

Kemungkinan lain yaitu apakah jalur PCB kotor?,cara mengatasinya yaitu dengan membuka keyboard dan membersihkan semua elemen yang ada didalamnya.

Inilah tadi blogger saya yang berisi artikel, pebaikan, cara kerja, dan troubleshooting tentang keyboard yang di buat untuk memenuhi ulangan dan tugas produktif

TROUBLESHOOTING MOUSE, Kursor tidak jalan

mouse mouse-problems-

Mouse merupakan alat natu dalam pekerjaan untuk mempermudah dalam menjalankan aplikasi maupun melakukan penyetingan, dibandingkan dengan menggunakan keyboard. Bila anda seorang programmer maupun yang lainnya, dalam pekerjaan anda banyak menggunakan mouse, dan sangat dikesalkan jika mouse tidak berfungsi. Adapun beberapa factor kesalahan, yang mungkin menjadi penyebab kerusakan sehingga kursor tidak jalan, dapat dilihat berikut ini.

Penyebab 1 :

Kemungkinan kabel data mouse yang berada di motherboard tidak cocok. Dari pemasangan kabel data mouse ini ada 2 jenis pemasangan kabel data pada connector mouse serial.

Solusi :

Jika kabel mouse tersebut bukan yang aslinya, coba Anda ubah setting pemasangan kabel data connector mouse tersebut. Kemungkinan ini dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan diatas.

Penyebab 2 :

Connector mouse renggang dapat menyebabkan bahwa tampilan dilayar mouse tidak jalan, jika mouse / connector digoyang, terkadang dapat kembali normal, tetapi ini tidak akan bertahan lama.

Solusi :

Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan mengganjal connector mouse tersebut dengan menggunakan kertas, jika ini dianggap sangat mendesak dan Anda tidak mempunyai dana untuk sementara, atau dapat mengganti connector mouse yang baru.

Penyebab 3 :

Kemungkinan juga terdapat pada kabel mouse tersebut putus. Biasanya putus pada pangkal dekat mouse. Jika sudah begini mouse tidak akan jalan sama sekali.

Solusi :

Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan mengukur kabel data mouse tersebut dengan menggunakan AVO meter. Jika ditemukan bahwa kabel tersebut ada yang putus, maka ganti dengan kabel lain. Jika tidak berarti kemungkinan ada pada yang lain (socket kotor misalnya).

Penyebab 4:

Kerusakan driver mouse juga dapat menyebabkan mouse tidak jalan, terlebih jika dirver mouse tidak cocok. Walaupun terkadang bahwa driver yang lain dapat digunakan, tetapi jalannya kursor mouse tidak akan normal.

Solusi :

Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan menggunakan driver compatible untuk semua jenis mouse. Adapun langka2 yang dapat Anda lakukan untuk menginstall ulang driver mouse adalah sebagai berikut :

– Siapkan master windows yang digunakan (Win9x, win Me, Win 2000, Win XP, dan lain- lain), dan masukkan ke dalam CD rom.

– Tekan tombol Alt + S untuk memunculkan menu Start.

– Kemudian ambil pilihan setting, lalu tekan anak panah keyboard kea rah kanan untuk memunculkan sub menu yang lain.

– Ambil pilihan Control Panel, lalu tekan enter.

– Adapun pilihan Control panel Anda dapat memilih langsung pilihan mouse, lalu enter.

– Dari jendela mouse properties, tekan tombol Tabulasi (tab) beberapa kali untuk memindahkan pilihan pada menu general dengan bantuan tambahan menekan anak panah ke kanan.

– Dari menu general akan terlihat jenis driver yang digunakan. Jika driver yang terlihat adalah “*/ue”, berarti harddisk anda terinfeksi virus hingga mengakibatkan mouse tersebut rusak. Sebaiknya harddisk anda di install ulang. Jia dirver yang terlihat adalah “Standard serial mouse” atau “Standars PS/2 Port Mouse” berarti kerusakan terletak pada mouse anda dan bukan pada driver. Jika driver yang digunakan bukan dari yang kedua driver di atas, anda dapat melakukan perubahan dengan mengambil pilihan change, lalu Enter.

– Pada jendela select device mouse, tekan kembali tombol tabulasi untuk memindahkan pilihan anda ke show all devices, lalu tekan kembali tombol tabulasi, untuk memilih driver ”Standart types” yang berada di kiri layer dan pilih “Stadart serial mouse” (untuk mouse serial) atau “Standart Ps/2 port mouse” (untu mouse PS/2) yang berada di kanan layer, lalu tekan enter.

– Dari hasil konfirmasi yang menjadi pilihan Anda tekan kembali tombol Tabulasi untuk memilih pilihan OK, agar perubahan yang dapat dilakukan dapat disetujui.

– Terakhir pada jendela system setting Change, Enter (Yes) untuk merestart kembali computer anda sesudah perubahan yang baru dilakukan , tekan tombol Enter dan tunggu beberapa saat hingga windows diaktifkan kembali.

sumber :

http://troubleshootingkomputer.blogspot.com/2008/03/troubleshooting-mouse-kursor-tidak.html

http://whidhiyatkjberkarya.blogspot.com/2012/04/artikel-prinsip-kerja-perbaikan-dan.html

bagaimana cara mengatasinya?

untuk memperjelas gambaran anda di sini saya berikan anda tutorialnya. selamat menyaksikan dan anda boleh mencoba ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s